-->

Perbedaan Tali, Simpul dan Ikatan dalam Pramuka


Perbedaan Tali, Simpul dan Ikatan dalam Pramuka - yelyelpramuka.com. Biasanya nih kak, dalam event atau acara-acara pramuka kita sering menemukan istilah istilah seperti Tali Simpul dan Ikatan.

Pramuka memang sudah tidak asing dengan kata Simpul namun masih banyak anggota pramuka khususnya penggalang masih belum tau apa itu simpul dan bagaimanakah cara membuat simpul simpul tersebut. Dalam tali temali, kita sering mencampur adukan antar tali, simpul dan ikatan.

Hal ini sebenarnya berbeda sekali. Berikut perbedaannya :

  • [message]
    • TALI = bendanya (alat yang digunakan untuk mengikat, talinya seperti tambang, benang dan senar)
    • SIMPUL = antara tali dengan tali
    • IKATAN = tali dengan benda lain (umpamanya dengan kayu dan sebagainya)

Beberapa jenis tali yang digunakan umumnya pada kepramukaan adalah tali yang terbuat dari bahan nylon, yang mempunyai kelemahan dan kekurangan. Harga dari tali tersebut berfariasi umumnya antara 3000 smp 8000 per biji tergantung panjang pendek tali tersebut dan daerah kakak membeli tali.

Kelebihannya tali nylon antara lain :

  1. Ringan dan mudah diatur
  2. Mudah dibuat simpul dengan kekuatan tarik yang merata
  3. Mempunyai elastisitas yang tinggi dan meredan sentakan
  4. Menyerap sedikit air 

Kekurangan dari nylon yaitu : 

  1. Tidak tahan terhadap panas
  2. Mudah meleleh pada temperature yang tinggi.


Agar tali tahan lama dan dapt dipergunakan untuk jangka waktu yang panjang tali harus dan perlu diberi perlakuan khusus setelah dipakai kegiatan. Lakukan beberapa langkah berikut untuk pemeliharaan tali :
  1. Kotoran/kerikil yang melekat pada tali dicuci dengan air dingin (tidak tahan terhadap panas) dan dikeringkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung (diangin-anginkan).
  2. Tali harus dijauhkan dari bahan-bahan yang merusak tali, misalnya; air accu, oil, minyak, bahan-bahan kimia,dll.
  3. Penyimpanan tali pada tempat/ruangan tertentu yang terhindar dari cahaya matahari secara langsung, dan diusahakan sirkulasi udara lancar dengan kelembaban rendah.
  4. Tali disimpan dalam keadaan kering dan digantung dalam bentuk lingkaran atau gulungan yang secara sederhana dan mudah diurai kembali.

Hasil bentukan dari tali, yaitu terdiri dar i: simpul, ikat dan jerat. Simpul, ikatan, maupun jerat yang baik dan benar adalah simpul, ikatan, dan jerat yang dapat digunakan dengan kuat, tidak mudah lepas dan mudah untuk dilepas kembali. Dan kita akan membahasnya satu persatu.
Previous Post Next Post